Sunday, January 9, 2011

Tracing Services

Hampir semua pengguna internet memanfaatkan fasilitas tracing-services untuk mencari informasi di dunia maya. “Google” atau “Yahoo”, begitulah yang pertama kali terpikir atau terucap. Tapi kenapa ya, hasil pencarian diantara keduanya tidak selalu sama? Di mana bedanya? Apa sih sebenarnya tracing-services dan search engine  itu?

Search engine yang kita kenal merupakan fasilitas yang disediakan oleh tracing services, dan Google adalah salah satunya. Search engine ini sangat populer, karena mempunyai database yg cukup besar dibandingkan fasilitas searcher lainnya. Google sendiri, berasal dari bahasa Latin „Googol“ yang berarti 1(satu) dengan seratus 0 (nol),  ditemukan oleh Larry Page dan Sergey Brin, dan diresmikan tahun 1998. Penggunaan search engine itu sendiri sangat efektif untuk hal-hal yg bersifat khusus; keywords yang menggunakan penguhubung; mencari orang dan mencari berbagai jenis data seperti word, pdf, xls dll. Selain Google, terdapat searcher lainnya seperti Teoma, Vivisimo, Altavista atau Lycos.

Lho kalau Yahoo gimana? Yahoo, yang merupakan kependekan dari Yet Another Hierarchically Officious Oracle (ayo…pada tahu, ngga?), termasuk kategori web-catalog, yaitu kumpulan dari sumber-sumber internet yang diorganisir oleh manusia, tidak seperti search engine, yang menggunakan program-program komputer seperti robot, spider atau crawler. Itu sebabnya, kenapa kadang-kadang hasil pencarian di Yahoo dan Google berbeda. Fasilitas katalog ini dapat digunakan mencari informasi yang mempunyai cakupan dengan tema luas; mencari website yang tersusun secara tematis; dan berguna sekali bagi seseorang yang akan memulai pencariannya di internet. Looksmart dan Dmoz merupakan alternatif  lain dari web catalog.

Selain search engine dan web catalog, 4 fasilitas lainnya dari tracing-services ini, yaitu: meta search-engine adalah jasa web pencari secara paralel. Disini, terdapat  kumpulan dari beberapa search engine, sehingga kita dapat membandingkan satu search engine dengan search engine yang lainnya. Efektif untuk mencari hal-hal bersifat sangat khusus; mencari kata kunci dengan hanya satu kata atau satu kalimat, atau mencoba beberapa kata kunci untuk melihat apakah hasil pencarian tersebut ada, dan jika ya, ada di search engine yang mana. Mesin paralel ini dapat kita temukan di metager.de atau metacrawler.com
Untuk mencari hal-hal yang spesifik atau berhubungan dengan bidang tertentu, special search-engine sangat membantu, seperti eventagentur.com (pameran & seni), imdb.com (internet movie database), lawcrawler.findlaw.com (hukum), heilpflanzen-suchmaschine.de (apotik hidup) dll.

Digital library termasuk ke dalam kategori virtual libraries. Fasilitas ini berguna untuk pencarian dokumen-dokumen di internet yang telah diuji keabsahannya oleh para ahli sesuai bidang masing-masing, contohnya vlib.org. Di Jerman, “perpustakaan virtual” seperti ini sudah ada dan salah satunya, dapat diakses di www.uni-duesseldorf.de/WWW/ulb/virtbibil.html

Dan yang terakhir dari fasilitas tracing services adalah local search engine. Biasanya digunakan untuk mencari informasi khusus di dalam suatu website tertentu, misalnya search engine yang berada di website Kompas, Detik dll.

Nah, sekarang sudah tahu perbedaannya, kan? Jadi mulai sekarang, jangan hanya mengandalkan Google saja, yuk mulai manfaatkan fasilitas „jasa pencari” agar pencarian informasi di dunia maya menjadi lebih efektif ;) 

“Wer im Informationsorkan überleben will, braucht Kapitän, Karte und Kompass.” (Siapa yang ingin bertahan dalam derasnya arus informasi, dibutuhkan nahkoda, peta dan kompas). [RMF]


Literatur:
- wikipedia
- digistar
- kutipan dari Süd Deutsche Zeitung
- diktat kuliah semester 1: Informartionsressourcen aus dem Internet

------------------------------------------------------------------------------------------

Berhubung lagi ramenya kebijakan tidak populer-nya Menkominfo kita tentang BlackBerry, saya ingin merilis kembali artikel yang pernah saya tulis untuk buletin KMH (Keluarga Muslim Hannover) beberapa tahun lalu yang bertema informasi tentang Tracing Services, yaitu definisi yang lebih luas dari Search Engine atau biasa kita kenal dengan istilah "googling", YANG sebenarnya adalah bentuk personifikasi, seperti layaknya kita menyebut air mineral dengan AQUA. Mudah-mudahan bermanfaat ;)

4 comments: